Rahasia Hidup Manusia Tertua di Dunia

Menurut sensus yang telah di lakukan, setidaknya terdapat 50 hingga 80 orang supercentenarian yang ada di seluruh dunia. Supercentenarian adalah seseorang yang telah hidup atau sudah melewati usia 110 tahun atau lebih; dari 1000 centenarian hanya 1 yang menjadi supercentenarian.

Jadi, apa yang membuat seseorang bisa hidup hingga lebih dari 110 tahun? Apakah itu genetik, kebiasaan sehat, atau hanya keberuntungan semata?

Jawaban untuk pertanyaan di atas pastinya jauh dari sederhana, dan salah satu jawabannya bisa jadi dari kemungkinan di atas. Tapi ada satu hal yang kita semua bisa setuju, bahwa supercentenarian bukanlah manusia biasa yang anda temui sehari-hari. Normalanya manusia mempunyai set gen yang memungkinkan untuk hidup mencapai umur 80 hingga 90 tahun. Apakah kematian datang lebih cepat atau lebih lambat dari orang lain, semuanya bergantung pada gaya hidup dan lingkungan. Hal-hal berbahaya seperti merokok dan minum-minuman keras pastinya memperpendek umur anda, tapi dengan gaya hidup sehat –seperti berolah raga, diet, manajemen stres, dll, memungkinkan untuk memperpanjang harapan hidup seseorang.

Hidup sehat, diet dan olah raga akan memberikan manfaat untuk anda, dan harapan hidup bisa di perpanjang hingga 5 tahun lebih lama. Tapi, untuk hidup 30 tahun lebih lama seperti supercentenarian anda membutuhkan latar belakang gen yang berbeda dari manusia pada umumnya.


Mari kita simak daftar 10 manusia tertua di dunia

Jiroemon Kimura

Bapak Jiroemon Kimura merupakan orang tertua di dunia yang meninggal pada tahun 2013 silam. Jiroemon meninggal dunia dengan umur 116 tahun dan masih memegang rekor manusia tertua di dunia dan dia juga satu-satunya manusia yang di kenal masih hidup sejak abad ke-19 sebelum beliau meninggal.

Sewaktu masih muda, Jiroemon merupakan pekerja komunikasi pemerintah di Korea di bawah penguasaan Jepang. Kemudian dia kembali ke Jepang, menikah, dan bekerja sebagai pekerja pos selama 45 tahun. Kimura bukanlah satu-satunya anggota keluarga yang hidup dengan umur panjang. Empat saudaranya yang lain hidup di atas umur 90 tahun dan saudara laki-lakinya meninggal pada umur 100 tahun. Bapak Jiroemon Kimura juga menjadi fitur dalam buku Guiness Book of World Record di edisi 2012 dan 2013.

Christian Mortensen

Di posisi kedua, kita mempunyai manusia tertua di dunia yang berasal dari Denmark, Christian Mortensen. Pada thaun 1997, Mortensen di canangkan menjadi manusia tertua di dunia yang mencapai umur 115 tahun. Lahir di Denmark dan pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1903 ketika dia berusia 21 tahun. Ketika masih muda, Mortensen sempat menikah namun tidak bertahan sampai 10 tahun dan juga tidak memiliki anak dari pernikahan tersebut. Di umurnya yang sekarang, Mortensen juga tidak ingat siapa nama istrinya tersebut. Mortensen menjalani hidup sendiri hingga akhir hayatnya.

Mortensen sendiri telah hidup di 26 kota berbeda di Amerika Serikat dan telah menjalani berbagai pekerjaan untuk menopang hidupnya mulai sebagai penjahit, tukang susu, pekerja pabrik, dan pekerja restoran. Mortensen kemudian pindah ke Komunitas Pensiunan Aldersly San Rafael di California saat umurnya telah mencapai 96 tahun hingga akhir hidupnya. Sebelum pergi, Mortensen sempat berpesan tentang rahasia hidup panjang, yaitu “Teman, rokok yang bagus, minum air yang banyak, jangan minum alkohol, tetap positif, dan banyak bernyanyi akan membuat anda hidup lebih lama”.

Emiliano Mercado del Toro

Del Toro lahir di Puerto Rico dan merupakan satu dari 10 manusia tertua di dunia dengan lama hidup 115 tahun dan 156 hari. Del Toro bekerja pada ladang tebu hingga berumur 81 tahun. Satu-satunya waktu dia pernah keluar dari Puerto Rico adalah ketika dia ikut dalam perang dunia ke-1 untuk membantu Amerika Serikat, tepat sebelum gencatan senjata 1918 di tanda tangani.

Del Toro tidak pernah menikah atau mempunyai anak, tapi dia sempat memberitahu bahwa dia punya 2 orang yang pernah ia cintai. Beberapa tahun sebelum kematiannya, keluarga Del Toro berusaha untuk mendesak Amerika Serikat untuk menganggap dia sebagai veteran dengan hidup terlama.

Walter Breuning

Hampir 2 tahun berturut-turut Walter Breuning di kenal sebagai manusia tertua di dunia hingga kematiannya pada tahun 2011 silam dengan umur 114 tahun. Breuning lahir dan hidup di Amerika Serikat dengan latar belakang keluarga yang mempunyai harapan hidup yang panjang. Kakek dan nenek dari Breuning sendiri hidup hingga usia 90 tahun dan saudaranya hidup hingga umur 78, 85, 91, dan 100 tahun.

Pada tahun 1913, Breuning mulai bekerja untuk Great Northern Railway hingga 50 tahun lamanya. Setelah pensiun dari perusahaan tersebut di umur 66 tahun, Breuning kemudian menjadi manajer/sekretaris untuk sebuah klub lokal hingga dia berumur 99 tahun. Walaupun sudah berumur melebihi 99 tahun, Breuning masih mempunyai otak yang tajam dan memori yang bagus jika di bandingkan dengan orang-orang yang berumur sama.

Yukichi Chuganji

Jepang memang terkenal dengan orang-orang yang mempunyai harapan hidup yang panjang. Yukichi Chuganji merupakan salah satu orang-orang dengan umur panjang tersebut dan tercatat sebagai orang Asia tertua yang terverifikasi. 2 tahun sebelum ia meninggal, Chuganji tercatat sebagai manusia tertua di dunia versi Guiness World Book Record.

Chuganji mempunyai kebiasaan hidup sehat, tidak minum alkohol, minum segelas susu setiap hari, toffee, dan minum jus apel. Semasa hidupnya, Yukichi Chuganji pernah bekerja sebagai pembiak ulat sutra, petugas bank, dan pegawai kesejahteraan komunitas. Chuganji menikah pada tahun 1914 dengan 4 orang anak laki-laki, 1 orang anak perempuan, 7 cucu, dan 12 cicit.

Joan Riudavets

Joan Riudavets berasal dari Spanyol dan meninggal pada umur 114 tahun. Saudara laki-lakinya juga mempunyai hidup panjang yaitu 105 tahun pada tahun 2006. Riudavets sempat berpesan bahwa rahasia umur panjangnya adalah untuk tetap bergerak, dan maju terus ke depan. Dia terus memegang saran ini dengan selalu bersepeda, berjalan kaki, dan bersosialisasi dengan teman. Riudavets juga bermain gitar dan bermain bola, lalu tidur setidaknya 12 jam setiap hari. Dia sangat bangga akan kemampuannya untuk tetap bisa beraktifitas fisik hingga akhir hayatnya.

Fred Hale, Sr.

Fred Hale tidak hanya terkenal dengan manusia tertua di dunia yang berasal dari Amerika Serikat, namun juga di kenal sebagai fan Boston Red Sox tertua di dunia. Fred sendiri meninggal di tahun 2004, 12 hari sebelum ulang tahunnya ke 114. Satu bulan sebelum ia meninggal, ia telah mendapatkan kado ulang tahun dari Red Sox karena memenangkan World Series lagi setlah 86 tahun.

Semasa hidupnya, Fred bekerja sebagai pekerja pos kereta api dan penjaga sarang lebah hingga berumur 64 tahun. Setelah pension ia juga tetap aktif dengan berkebun, mengalengkan buah-buahan dan sayur, dan membuat saus apel rumahan. Setelah istrinya meninggal di tahun 1979, Fred hidup secara mandiri hingga berumur 103 tahun. Selain di nobatkan sebagai manusia tertua di dunia pada tahun 2004, dia juga di kenal sebagai pengemudi tertua di dunia –ia aktif mengemudi bahkan saat berumur 108 tahun.

Bagaimana, pastinya anda tertarik dengan rahasia hidup manusia tertua di dunia dan memulai hidup sehat bukan?!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *